Quantcast

Sunday, September 18, 2016

#Marketing : Niche

Penggunaan Niche

Ketika anda masuk ke dalam Mall atau supermarket, anda akan menemukan berbagai jenis segmentasi, mulai dari yang anda butuhkan sampai pada produk dan jasa yang mungkin baru dan tidak pernah terpikirkan untuk membelinya. Mungkin dulu kita masih menyebutnya dengan istilah TOSERBA yang merupakan singkatan dari toko serba ada, artinya ada banyak produk dan barang yang tersedia di dalam satu toko.

Berbeda ketika anda memasuki toko olahraga, toko pakaian anak, atau toko mainan di mana anda hanya menemukan produk dan jasa yang terhubung dengan penamaan toko tersebut. Jadi jangan berharap untuk menemukan alat kesehatan di toko bangunan atau alat-alat dapur di toko mainan anak.

Toko yang menjual produk yang lebih spesifik pun bisa kita temukan saat ini seperti toko –> toko pakaian –> toko pakaian muslim; atau toko –> toko komputer –-> toko laptop –> toko asesoris laptop.

Bagi anda yang suka wara-wiri di panggung jagad maya, sudah pasti tidak asing dengan hadirnya berbagai toko online yang menyediakan berbagai barang dan jasa seperti (alibaba)lazada, tokopedia, buka lapak, dst, atau mungkin situs yang secara umum melakukan kupas tuntas atau menayangkan tulisan-tulisan secara umum hingga khusus sebut saja seperti situs-situs berita yang menginformasikan mulai dari berita politik, ekonomi, sosial, budaya hingga olahraga dan bahkan sex. Tapi, tidak jarang juga anda pasti akan menemukan satu situs atau blog yang habis-habisan membahas satu hal saja seperti membahasa tentang neuro language program, tentang cara membuat blog dan memasarkannya, dst.

Apa itu Niche?

Ada begitu banyak situs maupun blog memberikan pengertian tentang arti niche. Dan dari situs-situs tersebut memberikan gambaran yang beragam, meskipun pada akhirnya merujuk pada satu arti. Jadi menurut saya, kita hanya perlu mengambil benang merahnya saja dengan mengambil yang memudahkan kita untuk mengerti apa sebenarnya arti niche.

Jika anda mencoba mencari arti niche di wikipedia, anda akan menemukan disambiguitas karena secara otomatis akan dilarikan ke dalam pengertian di dunia ekologi, adalah sbb:

Dalam ekologi merujuk pada posisi unik yang ditempati oleh suatu spesies tertentu berdasarkan rentang fisik yang ditempati dan peranan yang dilakukan di dalam komunitasnya.

Sedangkan dari meriam-webster, niche memiliki arti sbb:

the situation in which a business's products or services can succeed by being sold to a particular kind or group of people

Silakan cek pengertian yang diberikan dari salah satu situs favorit saya evolution.about.com:

A niche is a term that is used in ecological biology to define an organism's role in an ecosystem. Not only does a niche include the environment a given organism lives in, it also includes the organism's "job" in that environment. A niche may also encompass what the organism eats, how it interacts with other living things or biotic factors, and also how it interacts with the non-living, or abiotic, parts of the environment as well.

Sebuah niche adalah terminologi yang digunakan dalam bab biologi – ekologi untuk mengartikan peranan sebuah organisme dalam sebuah ekosistem. Tidak hanya sebuah niche adalah termasuk lingkungan dimana organisme tersebut hidup, niche adalah juga termasuk pekerjaan yang dimiliki oleh organisme di dalam lingkungan tersebut. Niche menggambarkan apa yang dimakan oleh organisme, bagaimana oorganisme berinteraksi dengan benda-benda hidup lainnya atau faktor biotik lainnya, dan juga bagaimana organisme berinteraksi dengan benda-benda mati, atau abiotik, yang juga merupakan bagian dari lingkungan.

Sementara jika kita mengambil kamus dan mengartikan niche, hasilnya akan menjadi ceruk. Ceruk sendiri artinya menurut kbbi.web.id adalah sbb:

1 relung yang masuk ke dinding (tembok, tanah, dan sebagainya); lekuk, lubang; 2 lombong (dalam tambang); 3 gua (di gunung);4 ruang berpetak-petak (di lemari dan sebagainya); 5 sudut (pojok) di dapur (kamar, rumah, dan sebagainya); 6 lekuk (di geladak kapal dan sebagainya); 7 rongga (sela-sela dalam timbunan barang dan sebagainya); 8 serokan; teluk kecil; 9 sudut jalan; jalan kecil (simpangan dan sebagainya);

Sedangkan dalam dunia bisnis, marketing dan sales, arti dari niche yang saya dapatkan dari wikipedia adalah sbb:

A niche market[1] is the subset of the market on which a specific product is focused. The market niche defines as the product features aimed at satisfying specific market needs, as well as the price range, production quality and the demographics that is intended to impact. It is also a small market segment. For example, sports channels like STAR Sports,ESPN, STAR Cricket, and Fox Sports target a niche of sports enthusiasts.

Niche Pasar adalah bagian dari produk tertentu yang telah difokuskan. Niche pasar memiliki arti sebagai fitur produk yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan tertentu pasar, berupa kisaran harga, kualitas produk, dan demografi yang di akan dipengaruhi. Niche pasar dapat diartikan segmen kecil pasar. Sebagai contoh saluran olahraga seperti STAR Sports, ESPN, STAR Cricket, dan Fox Sports yang menargetkan niche penggemar olahraga.

Untuk anda yang gemar hobi menulis di blog dan memiliki website, pasti sudah mengetahui mengenai niche yang sangat berhubungan dengan peningkatan SEO (Search Engine Optimisation) karena pada akhirnya berpengaruh dengan jumlah pengunjung ke blog atau situs anda. niche berarti sebagai ceruk pasar yang berhubungan dengan satu permintaan tertentu atau spesifik atau unik.

Kesimpulannya, apapun bidang pekerjaan anda, niche terlihat memiliki arti yang beragam, sebenarnya memiliki persamaan makna. Dalam dunia ekologi adalah tentang sekumpulan atau sekelompok organisme, ekosistem dan cara hidupnya, sedangkan jika kita tarik ke dunia bisnis, maka berarti sekumpulan target market, habitat atau ekosistemnya, dan cara hidupnya. JIka ditarik ke dunia blogging dan website artinya menjadi sekelompok pembaca yang memiliki kebutuhan tertentu dan membutuhkan solusi tertentu.

Seperti halnya blog ini memiliki niche yang lebih besar, tidak terlalu spesifik karena memiliki beberapa topik yang dibahas seperti tentang bisnis, daya kemampuan otak dan pikiran, penemuan jati diri, pengetahuan umum, dst sehingga tidak hanya membahas tentang satu topik yang spesifik. Welcome to my Supermall, then.

Selamat membaca dan mendapatkan pemahaman baru.

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkomentar dengan santun. Maju Blogger Indonesia

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo